Kamis, 12 Februari 2009

Desain Fasad Minimalis




Erlavina,
November 2008

Dalam merancang fasad rumah tinggal ini, pada awalnya saya mendapati
kesulitan dalam beberapa hal, seperti fasade depan yang sangat panjang, terdapat beberapa sudut ‘mati’ yang saya temui ketika mempelajari bentuk dinding terluar pada denah.

Kemonotonan pasti akan terjadi jika dalam fasad yang panjang tersebut hanya saya letakkan bidang kotak dan walaupun sudah diberi ornamen seperti garis, penebalan, ataupun permainan material sekalipun. Beberapa langkah pemecahan yang saya lakukan adalah :

- menambahkan satu bidang utama yang mampu memecah kesan kaku dari bidang dinding lain yang kotak-kotak yaitu bidang lengkung bermaterial batu alam.Selain dapat menjadi point of view yang kuat pada area entrance, bidang lengkung ini dibuat lebih rendah dari tinggi bidang rata-rata.

- untuk mengurangi kesan ‘berat’, pengulangan beberapa kolom vertikal yang di’ikat’ dengan kayu-kayu horizontal dapat menambah kesan anggun dan tropis pada fasad rumah ini.

- pewarnaan kulit bangunan diselang-seling antara warna yang tua dengan warna yang lebih muda yang masih satu keturunan warna.

- penggunaan material dimaksudkan untuk memperkuat kesan rumah, pada kasus ini mempunyai keinginan akan kesan rumah tinggal tropis yang kokoh.Maka batu alam dan kayu dapat diaplikasikan pada fasad bangunan. Sedangkan kesan kokoh diperoleh dengan bentuk atap limasan dan bidang-bidang fasad yang ber’layer’ dan tegas.

- terakhir, untuk memperhalus dan mempercantik bangunan, saya menambahkan beberapa aksen seperti balkon yang menonjol keluar, kaca dan kanopi sudut yang lebar, serta pengarah yang berupa kolom2 dengan penutup kaca pada sepanjang jalan menuju pintu utama (entrance).

Fasad minimalis pada tipe rumah ini memberikan kesan sangat formal ternyata...
dan hal inilah yang diinginkan oleh klien sesungguhnya... =)

Buat anda yang mencintai dan mendambakan rumah yang berkesan gagah dan Formil seperti ini, silakan menghubungi saya =)

Karena rumah dengan tampak seperti ini sangat disukai bagi mereka yang berprofesi sebagai pejabat, boss dan big boss, serta orang2 yang duduk diposisiposisi penting.

* tips: tipe rumah minimalis ini mudah direnov menjadi tipe klasik, dengan memberi profil2 pada lineline utamanya, kesan klasik sudah terbentuk =)








Tidak ada komentar: