Senin, 18 April 2016

Perancangan Perumahan Bag.I

Di pinggir kota, semakin banyak lahan dibuka sebagai lokasi Perumahan.
Mulai dari kelas yang sederhana hingga mewah atau biasa disebut dengan Townhouse.
Setiap lokasi Perumahan mempunyai konsepnya masing-masing.
Konsep adalah ide awal yang memberikan 'warna' atau tema
pada suasana Perumahan tersebut.


Tetapi kini, mengapa model klasik tetap menduduki peringkat yang disukai oleh konsumen perumahan? salah satu alasannya adalah model klasik membawa nuansa keanggunan yang lebih 'abadi' seolah-olah langgam arsitektur rumah yang lain hanyalah 'musiman' saja. Namun, para arsitek/designer tidak hanya berhenti pada pernyataan itu saja. Eksplorasi bentuk terus diolah di dapur studio. Alhasil, perpaduan antara klasik dan modern yang cenderung lebih 'clean' baik pada bentuk maupun ornamennya, telah berhasil 'membius' mata konsumen perumahan. Dipercantik dengan tampilan model atap yang unik, menjadikan pemandangan perumahan lebih berbeda.

Nah..berikut adalah beberapa contoh hasil design saya tentang perumahan.








Kini, kebanyakan gaya arsitektur yang disukai di 'pasaran' adalah gaya minimalis. Ciri khas gaya minimalis adalah penggunaan bentuk-bentuk dasar geometri pada fasad/tampak bangunan. Ornamen atau hiasan yang sering dipakai dalam gaya minimalis adalah tali-tali air, garis-garis geometris yang tegas baik lurus vertikal/horizontal maupun miring asimetri. Beragam material bisa digunakan untuk menghilangkan kesan "kaku" pada gaya minimalis ini, seperti :
- penggunaan unsur batu alam untuk finishing bidang dinding depan
- penggunaan kaca/material transparan untuk mengimbangi kesan masif bidang dinding lainnya
- penggunaan laminasi unsur kayu sintetis untuk memberikan kesan natural
- penambahan unsur "hijau" baik berupa taman depan maupun tanaman di atas balkon yang mempercantik fasad/tampak bangunan
- permainan pencahayaan pada bidang fasad bangunan
- penambahan jendela angin-angin/ventilasi/rooster

Demikianlah sedikit ulasan Perumahan dengan gaya yang banyak diikuti masa kini yaitu gaya minimalis. Pada intinya gaya minimalis justru membutuhkan finishing yang rapi & presisi karena bidang-bidang geometris yang tegas harus dibentuk dengan sempurna. Untuk itu membutuhkan ketelitian yang lebih dan inilah pengaruhnya pada harga bangunan. Selain struktur bangunan, material finishing juga merupakan penentu "bentukan" harga pada perumahan.

Selamat mencari perumahan yang sesuai dengan gaya, kebutuhan, dan tentu saja budged anda.

Salam,

Erlavina

Tidak ada komentar: