Sabtu, 19 Desember 2009

INTERIOR PANTRY I oleh ERLAVINA .P

Tips Merancang Pantry Idaman





(Erlavina, 2009) Istilah pantry dikenal sebagai sebutan umum untuk dapur bersih. Pantry sebenarnya merupakan tempat yang terdiri dari kabinet, peralatan dapur, meja memasak dan persiapan. Pengadaan dapur bersih saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok setiap rumah tinggal modern. Mengapa? Kebiasaan masyarakat kita sekarang adalah mengundang teman sejawat atau kerabat dekat untuk acara makan bersama di rumah. Selain praktis dan tidak perlu repot mencari restoran di luar rumah, jamuan makan di rumah memberikan suasana yang bersahabat. Tuan rumah bebas menentukan menu makanan dan memasaknya sendiri merupakan bentuk penghargaan terhadap tamu.




Sebelum merancang pantry baru atau merenovasi bentuk pantry, sebaiknya Anda pikirkan dahulu berbagai kebutuhan berdasarkan kegiatan atau kebiasaan keluarga Anda. Menetapkan dasar rancangan adalah hal yang penting, namun sebaiknya mintalah terlebih dahulu saran arsitek, desaigner interior, atau menghubungi pengelola showroom khusus yang berpengalaman merancang dapur.




Langkah 1
Mulailah membuat sketsa sederhana area pantry lengkap dengan ukuran dimensi dinding, jendela, pintu yang ada di ruangan itu serta pencahayaan dan penempatan kabinet (milik Anda sendiri).Floor plan ini sangat berguna untuk mengkomunikasikan ide pengembangan pantry yang Anda inginkan kepada desainer.




Langkah 2
Buatlah inventarisasi peralatan dapur dan peralatan rumah tangga yang Anda miliki untuk menemukan bentuk ruang simpan di dalam kabinet idaman Anda.




Langkah 3
Pembagian tempat.
Rencanakanlah pembagian tempat sesuai dengan fungsinya masing-masing seperti penempatan sink untuk cuci dan bilas, tempat masak (kompor), lemari pendingin, dan area persiapan/meracik bahan-bahan makanan.

1.Area sink, meliputi dish washer, pipa pembuangan dan tempat sampah.Area sink gunanya untuk membilas makanan mentah dan memotong-motong bahan makanan mentah, tempat pembuangan dan tempat penyimpanan piring-piring yang sudah dicuci.Perencanaan sink harus baik agar terlihat rapi, aman dan fungsional.
2.Area masak, adalah area dimana terdapat cooktop, oven, microwave, dan berbagai macam peralatan masak listrik yang erada sejajar ataupun terpisah.Di area ini Anda juga dapat menempatkan berbagai perkakas masak/rumah tangga di dalam sebuah rak yang mudah dijangkau.Sebaiknya tempatkan area kompor ini di bagian tengah area Pantry.Microwave dapat ditempatkan lebih jauh.
3.Area lemari pendingin, biasanya di area ini tidak hanya terdapat lemari pendingin, tetapi juga ada rak tempat penyimpanan bahan-bahan makanan yang tidak tahan lama.
4.Area persiapan.Jika Anda memiliki ruang yang lebih, Anda dapat merancang ruang persiapan yang biasa disebut island di tengah area pantry.Island ini berguna untuk menyimpan perkakas masak ukuran kecil seperti toaster, mixer, dan food processor.Tempatkan island ini di dekat lemari pendingin dan area sink untuk meracik.Menyimpan berbagai perkakas masak seperti mangkuk, wajan, sodet di area island memudahkan Anda menjangkaunya waktu menyiapkan makanan.




Langkah 4
Merancang Pencahayaan.
Untuk penerangan pada pagi hingga siang hari sangat baik jika cahaya matahari masuk ke dalam area pantry ini.Maka tata letak pantry sangat baik jika dekat dengan bukaan ke arah luar.Untuk pencahayaan pada malam hari, pasanglah lampu pijar atau lampu halogen di ruang dan di bawah bagian dalam kabinet untuk menerangi area masak dan pantry secara keseluruhan.Tempatkan juga spotlight di bawah kabinet di sekeliling are masakdan area persiapan agar apapun yang anda kerjakan terlihat dengan jelas.Jika memungkinkan Anda dapat memasang pencahayaan otomatis di dalam kabinet, bila pintu area pantry terbuka maka lampu akan menyala.


Langkah 5
Keamanan Pantry.
Tempatkan smoke detector di antara area pantry dan ruang lain dan sediakanlah alat pemadam api praktis di tempat yang mudah dijangkau.Untuk menghindari keracunan karbon monoksida dan nitrogen dioksida yang dapat terjadi sewaktu-waktu jika tabung gas bocor, maka pasanglah exhouse fan untuk menghalau bau kimiawi.(by: erlavina, 2009)


Tidak ada komentar: